Kamis, 12 Februari 2009

tipsmerakit kit HHO

ini ada beberapa tips sederhana yang saya dapatkan sewaktu browsing ,walaupun sederhana namun lumayan juga untuk mereka yang mau belajar membuat sendiri material hidrogen generator ,silahkan disimak sendiri










Daftar Komponen:

9 1 Botol Electrolizer

9 1 Slang ke Mesin 50 cm)

9 1 Slang ke Udara 30 cm) (Optional)

9 Kabel +

9 Kabel

9 6 Ikat Kabel


1. Buka Tebeng dan Dapatkan Kabel Warna ORANGE (+12V).

Hubungkan kabel (+) yang ada sekeringnya dengan kabel orange tersebut. Jika tidak mendapatkan kabel ORANGE cari

kabel lain yang memiliki voltase +12V menggunakan multimeter.


2. Hubungkan Kabel Satunya dengan Skun(Header Hitam) ke sembarang Bodi (ke mur saja gampang).



3. Hubungkan Slang Karet Hitam dari Tengah Tutup ke saluran

Hisap LowSpeed.




1. Kalau ada 2 lobang (motor baru) pada leher angsa pilih lobang yang mengarah langsung ke tanki bensin (bukan yang dari fuel heater).

2. Jika tidak ada lobang (motor lama) slang dimasukkan ke karet yang menghubungkan filter dengan karburator atau ke box filter yang paling dekat dengan karbuarator dengan cara melobangi dan memasukkan slang kedalamnya dan dilem.







Pemasangan Combo

1. Vaporizer = Electrolizer yang tidak terhubung dengan arus listrik. Evaporizer

dpt ditambahdengan bahan additif.

2. Electrolizer tidak boleh dicampurdengan bahan aditif selain katalis Sodium

Bicarbonate.





PILIH PREMIUM ATAU PERTAMAX




Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.

Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.

Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Wah jadi bagaimana dong?

Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada foto, bahwa CR mesin mobil Timor DOHC S515i adalah 9.3 : 1

Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil timor tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 92, yaitu bensin Pertamax.

Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking).

Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….

Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).

Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.
Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih ‘bertenaga’.

Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.


Kesimpulan:
- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Solusi Alternatif
Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:
- Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
- Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
- Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
- Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
- dan lain-lain.

Fakta…
Pada kenyataannya.. banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.

Bensin Oktan Kompresi
Premium 88 7:1 --> 9:1
Pertamax 92 9:1 --> 10:1
Pertamax Plus 95 10:1 --> 11:1

TANYA JAWAB SEPUTAR GAS HHO


CONTENT DI BAWAH INI DIAMBIL DARI

http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=662&Itemid=131

Tanya Jawab

Berapa konsumsi listrik Electrolizer pada motor?

Tidak lebih dari 2A rata-rata 1.2A menghasilkan HHO sekitar 900 - 1200mm3

Apakah alat bisa meledak?

Bensin lebih berbahaya dibanding air :) mesin sudah memiliki katup hisap dan keluar (ke knalpot). Tentu dipandang dari segi bahaya kendaraan itu berbahaya karena mensuplay bensin+uap bensin ke dalam mesin, namun kenyataanya tidak terjadi masalah dengan itu karena sudah ada mekanismenya. Dibutuhkan panas yang sangat tinggi untuk membakar/meledakan HHO sehingga ruang pembakaran mesin merupakan habitat paling tepat!

Apakah jika bensin habis masih bisa berjalan?

Untuk menghasilkan kendaraan yang murni HHO diperlukan arus yang besar >25A yang langsam jadi >50A. Disain dinamo kendaraan misal motor rata-rata mensuplai tidak lebih dari 2A yang dibagi untuk berbagai keperluan kelistrikan kendaraan. Jadi untuk membuat suplay arus >50A perlu modifikasi pada disain dinamo. Jadi device ini berfungsi seperti halnya oksigen untuk orang sakit tentu akan lebih segar, sehat dan bertenaga :)

Apakah bisa menggunakan air biasa?

Bisa! yang penting jernih (lihat penjelasan di atas).

Berapa ukuran botol yang optimal?

Sekitar 500ml, diisi dengan air 220ml dan katalis Sodium Bicarbonate 1 sendok teh. Cukup untuk kendaraan hingga 1000cc jika lebih tambahkan botol (multicell) tidak disarankan mengguakan botol yang besar karena tidak efektif.

Apakah elektroda dapat menggunakan logam lain selain stainlesteel?

Dapat saja, tetapi akan cepat menghasilkan kotoran/residu yang tidak diharapkan dari proses elektrolisis (lihat gambar botol dengan hasil air hijau & coklat). Kualitas elektroda sangat berpengaruh. Gunakan stainlesteel Murni!! Sebisa munkin.

Apakah HHO yang masuk apakah tidak tercampur dengan uap air?

Tidak masalah selama yang masuk H2O gas justru vaporizer digunakan untuk menghasikan H2O fase gas, terlebih pada saat ditambah aditif accetone maka akan lebih meningkatkan power mesin karena itulah yang anda rasakan pada saat menggunakan waterhybrid. Misal sedikit air yang masuk dalam mesin juga tidak masalah karena akan terbakar juga. Kalau dalam jumlah yang berlimpah tentu mesin sudah macettt :)

Apakah dengan electrolizer adalah alat penghemat bbm?

Electrolizer adalah device penghasil HHO salah satu efek menggunakan alat (device) ini adalah peningkatan power. Peningkatan power ini dapat dimanfaatkan untuk lebih mengefisienkan pembakaran fuel (bbm), bagaimana menghemat (mengefisienkan pembakaran) bbm dapat dilihat pada Topik : "Mengefisienkan Penggunaan BBM". Tidak ada alat yang serta merta menghemat bbm, karena itu tergantung dari beberapa faktor salah satunya cara mengendarai, aerodinamika, dll (silakan lihat dalam topik tersebut).

Apa manfaat yang langsung dirasakan pada saat memasang device ini?

1. Daya ledak tinggi (Power Mesin Meningkat) 2. Mesin lebih lembut 3. Mengurangi deposit karbon & mencegah terbentuknya kembali, 4. Transmisi Ringan dan berbagai manfaat lainnya.

Apakah bentuk dan materi botol berpengaruh terhadap efek penggunaan device ini?

Ya, karena tidak hanya produksi HHO saja yang berpengaruh terhadap manfaat penggunaan alat ini, tetapi bagaimana volume, kelancaran udara masuk dan terhisap oleh mesin berpengaruh juga terhadap kelembutan mesin. Pada umumnya orang beranggapan kendaraan lembut bergatung hanya pada suspensi. Suspensi yang banyak dipasang dikendaraan adalah tipe spring. Sangat jarang yang menggunakan tipe bump stop, yaitu yang berfungsi meredam kendaraan pada saat melaju kencang di jalan yang (gronjal-gronjal :jw) contohnya polisi tidur pendek yang berjajar banyak. Adanya ruang udara yang terdapat pada botol menjadikannya sebagai ruang suspensi mesin yang sangat empuk dan efisien karena itulah materi dan bentuk botol dapat berpengaruh.

Apakah saluran udara perlu diberi filter?

Saluran udara sudah diberi filter sehingga selain mencegah kotoran masuk juga mencegah air muncrat akibat tekanan balik pada saat gagal stater (stater kick/manual).

Apakah perlu diberi pengontrol masukan HHO?

Belum perlu karena semakin banyak semakin bagus. Seperti yang dijelaskan diatas jika produksi HHO sudah berlimpah, malah bagus jika dibikin sesedikit mungkin menggunakan bbm atau bahkan tanpa sama sekali, hingga saat ini suplay listrik dari kendaraan masih belum cukup besar untuk menghasilkan kendaraan murni HHO kecuali dengan modifikasi.

Seberapa lama Air akan habis?

Kalau menunggu habis akan sangat lama >6bln karena ingat volume gas jauh lebih besar dari 220ml cair (liquid). Tapi sebelum habis pasti air sudah diganti karena kotor. Kotor ini karena selain bercampur dengan materi2 udara (gas buang kendaraan lain) juga bergantung dengan kualitas elektroda yang digunakan sehingga untuk mendapatkan HHO yang optimal maka jangan biarkan air sampai kerung (warna coklat tua kalau kuning biasa). Yang penting selama HHO masih berproduksi banyak meski keruh air dapat digunakan meski mengganti lebih disarankan. Toh air juga sangat murah + Baking Soda (Sodium Bicarbonate) juga sangat murah di swalayan. Air juga cukup air bening untuk mengindari materi lain/bahan organik yang tidak diperlukan karena dapat mempercepat kekeruhan. Jika anda sempat ke apotek/toko kimia membeli H2O murni juga bagus meskipun dengan air minum galon juga bisa.

Apakah bisa digunakan untuk motor 2 tak?

Bisa bagaimanapun motor 2 tak masih memerlukan peningkatan efisiensi pembakaran yang lebih dan hal ini tidak akan membuat oli menjadi kering dan merusak mesin. Oli tetap bekerja seperti biasanya.

Apakah perlu setingan mesin supaya irit?

Pada dasarnya tidak ada setingan mesin yang irit buat smua kendaraan seperti yang dilakukan oleh banyak benkel (tak bikin setingan irit ya?). Kebanyakan benkel hanya mengukur pada RPM tanpa beban sedangkan pembakaran optimal dicapai pada saat menghasilkan torsi (rpm+tenaga) optimal. Nah tenaga ini bergantung pada keseluruhan bobot kendaraan+penumpang. Jadi akan lebih baik cari montir yang berpengalaman dan mengerti setiap konsumenya lebih baik lagi jika anda dapat menset kendaraan anda sendiri. Contoh: jika anda orang yang kurus menservis kendaraan pada montir yang besar dan tidak memahami bahwa motor itu digunakan oleh orang yang kurus pasti hasilnya tidak optimal (biasanya motor jadi ngeden:jw, 80Kmh dah banyak getaran dan tidak bisa melaju cepat lagi/susah untuk mendapatkan percepatan) pada kejadian sebaliknya akan didapat motor yang tidak bertenaga (ampang:jw). Jadi agak riwilah(ceriwis) jika anda menservis kendaraan supaya mendapatkan setingan yang sesuai dengan kebutuhan anda bukan kebutuhan/perasaan montir.

Apakah produksi HH akan mengurangi oksigen diudara?

Tentu tidak HHO yang diproduksi dari air, hasil dari pembakaran mesinn akan mengikat kembali Oksigen sehingga gas buang +H2O dalam bentuk gas. Oleh karena itulah penggunaan waterhybrid ini merupakan bentuk partisipasi aktif dalam gerakan bumiku biru. Perlu diingat bahwa udara sudah terlalu banyak tercemar karena CO dan gas/materi beracun lainya yang berbahaya serta mengikat panas sehingga emisi panas matahari terperangkap disekitar teresterial dan tidak dapat menembus balik ke atmosfer. Itulah yang menyebabkan panas yang berlebih di jalan raya yang membikin stress meski terdapat pohon - pohon karena bagaimanapun produksi O2 dari pohon tidak terlalu banyak. Anda bisa memperhatikan jalan yang rata akan lebih terasa panas dibanding jalan yang mendaki meski hanya 3-4derajat saja. Hal ini karena gas-gas buang dan materi beracun tadi memiliki bobot dan sehingga tidak akan mudah untuk terangkat ke atas tanpa ada aliran udara/angin yang mengangkatnya. Jadi bisa anda bayangkan jika semua atau paling tidak sebagian besar pengguna kendaraan menggunakan device ini yang mudah dibuat siapa saja maka akan lebih efektif dalam menurunkan panas global/lokal. HHO juga memiliki ciri daya ledak tinggi, tidak menghasilkan panas berlebih, dan akurat.

Apakah elemen akan korosi?

Tidak (sangat kecil sekali) jika menggunakan stainless murni. Warna coklat yang menempel hanya residu hasil elektrolisa akibat bahan & air yang tidak murni dan itu sangat wajar & mudah dibersihkan.

Bagaimana membersihkan elemen yang kotor?

Cukup disikat saja. Kalau anda memiliki adaptor cukup membalik polaritas, yaitu: elektroda yang biasanya dialiri + diganti menjadi kutub - dan sebaliknya sambil disikat dengan kondisi air belum dibuang, anda akan dengan sangat mudah membersihkan plak yang menempel dan elektroda menjadi bersih dan mengkilap kembali :)

Bagaimana dengan pendapat bahwa: 1. Hidrogen : gas yang mudah sekali terbakar 2. Uap bensin : gas yang relatif susah terbakar, sehingga butuh kompresi mesin & pengapian yang dimajukan (timing advance). Sehingga apa yang terjadi jika hidrogen & uap bensin dimasukkan ke dalam ruang bakar secara bersamaan...? jawab-nya adalah pre-detonation. Dimana pada saat hidrogen & uap bensin masuk ke ruang bakar, maka hidrogen akan terbakar terlebih dahulu dibanding uap bensin. Terbakarnya hidrogen akan menekan piston secara paksa utk turun, pahadal piston sedang bergerak naik utk meng-kompresi uap bensin. Kejadian inilah yang bisa menyebabkan piston bolong, setang piston bengkok, dll. Nah biar tidak terjadi kejadian spt di atas, maka timing pengapian harus di-adjust (dimundurkan).. konsekuensinya, piston tidak bolong, tapi tenaga mesin utk akselerasi bisa berkurang. Pernyataan di atas mengutip pendapat teman yang logikanya menurut saya masuk akal?

Device ini menghasilkan HHO yang sangat berbeda dengan Hidrogen murni. HHO memiliki sifat susah terbakar kecuali dengan panas yang sangat tinggi (lihat di atas) selanjutnya asumsi yang dikemukakan menjadi gugur karena HHO sangat berbeda dengan Hidrogen murni. Hidrogen murni sangat berbahaya sehingga sulit digunakan menjadi bahan bakar :) jadi sebaiknya logika perlu diikuti dengan pemahaman yang komprehensif dan praktik yang benar sehingga dapat lebih holistik dalam memahami permasalahan dan kondisi sehingga yang dihasilkan adalah solusi yang bermanfaat bukan hanya menebar ketakutan yang dikarenakan wawasan yang sempit :) secara awam juga mudah: bahkan di luar negeri sudah mengimplementasikan hal ini dan tidak terjadi apa yang diasumsikan tadi, mengapa? Karena asumsinya salah :) yang jelas jangan hanya selalu bergulat dengan teori - teori mulu, coba dipraktekan untuk menguji setiap teori :) dan teori juga bisa tidak tepat jika pada dipraktekan tidak menghasilkan hasil yang sesuai jika pre-condition sudah sama persis sehingga perlu dikoreksi. Itulah perlunya riset - riset sehingga iptek selalu maju tidak hanya mandeg dan mereferensi dengan teori - teori dulu tanpa mengujinya.

Kita juga tidak akan pernah bisa memprediksi gempa kalau selalu berdasar teori bahwa gempa tidak dapat diprediksi dan selalu menghujat riset-riset yang mencoba memprediksi gempa. Jika anda berfikiran tidak bisa, Pasti Tidak Bisa! Coba cari jalan lain pasti bisa!!! dan itu bisa!!! Ingat Alam diciptakan dengan Aturan! Cari jalan untuk membaca aturan itu! Jika anda yakin Alam diciptakan Tuhan pasti anda bisa mendapatkanya, tetapi jika anda menuhankan ilmuwan pasti ilmu anda tidak lebih dari itu! (lihat topik: "Mitigasi GunungApi")



TIPS BIKIN MOBIL KITA LEBIH IRIT


Sekarang apa-apa serba mahal, jadi mungkin kita bisa menekan pengeluaran buat bensin yah. berikut ini adalah beberapa cara untuk mengemat bensin a.k.a BBM

1. Gaya mengemudi (± 30%)

Nyetir dengan kecepatan tinggi, akselerasi mendadak dan mengerem mendadak apalagi ngebut jelas akan membuat bahan bakar boros.

2. Kecepatan ekonomis (± 15%)

Konsumsi bahan bakar akan naik drastis jika kita mengemudikan kendaraan melebihi kecepatan 100km/j. Hal ini berbeda untuk tiap-tiap mobil karena masing-masing mobil mempunyai nilai efisiensi optimal yang berbeda.

3. Kurangi bobot / beban pada kendaraan.

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu dalam mobil, selain mobil lebih rapi juga akan mengiritkan bahan bakar. Penambahan berat 50 kg akan memboroskan mobil sekitar 2%. Namun besarnya tergantung dari prosentase beban tambahan dengan berat awal mobil. Efek boros akan lebih terasa pada mobil kecil dibandingkan mobil besar. Karena mobil besar biasanya memiliki tenaga dan torsi lebih besar, sehingga efek beban tidak terlalu berpengaruh.

Kita bisa rasakan perbedaan pemakaian bahan bakar jika mobil kita tidak berpenumpang dengan terisi penuh oleh penumpang apalagi penumpangnya berbadan besar / over weight.

4. Jangan terlalu lama saat pemanasan mesin.

Pemanasan mesin secukupnya saja, terlalu lama menghidupkan mesin tanpa berjalan akan mengakhibatkan pemborosan.

5. Pindah presneleng disaat yang tepat.

Sesegera mungkin mengoper presneleng ke gigi lebih tinggi disaat torsi optimum tercapai. Ciri-cirinya suara mesin meraung kelebihan tenaga, sesegera mungkin pindah kegigi lebih tinggi. Jangan sungkan pindah gigi ke gigi tertinggi bila sudah memungkinkan, biasanya gigi tertinggi memiliki karakter overdrive, artinya putaran mesin lebih rendah dari putaran output trasmisi.

Untuk mobil A/T od nya dinyalakan dan posisikan swit ke econo jangan power.

6. Cari jalur terdekat ke tujuan.
7. Hindari jam sibuk / jam macet.
8. Pilih mobil teririt bila punya lebih satu mobil.

City car sangat disarankan dibandingkan SUV.

Tips yang membutuhkan biaya.
1. Periksa kondisi kendaraan.

Mesin sehat pemakaian bahan bakar akan menjadi lebih irit karena bahan bakar akan diubah menjadi tenaga dan tidak banyak yang terbuang sia-sia. Tekanan angin ban yang normal akan mengurangi gesekan ban terhadap jalan. Tekanan angin ban yang kurang akan membuat laju kendaraan menjadi berat. Periksa rem, rem macet akan menghambat laju kendaraan yang ujung-ujungnya bahan bakar menjadi boros.

Tips paling hemat
1. Nebeng teman.

Cara penghematan teririt adalah nebeng teman / saudara karena kita tidak perlu keluar uang untuk beli bahan bakar.